بسم الله الرحمن الرحيم


AKU HANYALAH SEORANG ANAK KECIL YANG SEDANG BELAJAR MEMAHAMI ARTI SEBUAH KEHIDUPAN DAN BELAJAR MENERIMA SEMUA YANG TERLIHAT OLEH MATA

Senin

Karena Sabar itu Tidak Ada Batasnya

``*~~Karena Sabar itu Tidak Ada Batasnya~~*``

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh!

Sabar adalah menahan diri dari segala sesuatu yang tidak disukai karena mengharap ridha Allah SWT. Yang tidak disukai itu tidak selamanya terdiri dari hal-hal yang tidak disenangi seperti musibah kematian,sakit dan sebagainya, tapi juga bisa berupa hal-hal yang disenangi. Sabar dalam hal ini berarti menahan dan mengekang diri dari memperturutkan hawa nafsu.
Dan sabar itu dibagi menjadi beberapa tingkatan yaitu :

1.Kesabaran dalam menghadapi ujian hidup.

Menurut saya adalah sunnatullah setiap manusia akan mengalami ujian seperti sakit, kehilangan orang yang dikasihi, kehilangan harta dll. baik dia beriman atau dia kafir. Jadi sebagai orang yang beriman, sabar adalah pilihan terbaik yang ada seraya memulangkan segala sesuatunya kepada Allah SWT. Dengan sabar sebagai pilihan, saya yakin musibah yang sedang kita alami tidak akan bertambah buruk malah keadaan kita akan bertambah baik.

2. Kesabaran dalam mematuhi perintah Allah SWT.

Hawa nafsu menurut saya pada dasarnya enggan untuk menyembah atau taat kepada Allah SWT lebih condong tentang kenikmatan hidup, kesenangan dan kemegahan dunia. Sehingga untuk dapat taat kepada Allah SWT diperlukan kesabaran untuk mengendalikan hawa nafsu tersebut. Contohnya adalah Di antara bermacam ibadah ada yang kurang disenangi dan malas untuk mengerjakannya, seperti shalat berjamaah, ada juga ibadah yang tidak disukai karena penyakit kikir yang diidap manusia, seperti ibadah zakat. Dan ada juga yang tidak disukai karena sifat malas dan sekaligus kikir, seperti ibadah haji dan berjihad di jalan Allah SWT.

3. Kesabaran diri untuk tidak melakukan maksiat.

Mungkin ini paling berat untuk bersabar karena kita punya kesempatan / kemampuan untuk melakukan maksiat tapi kita diperintahkan untuk bersabar tentu itu lebih berat bukan? contoh orang kaya tentu dia mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk melakukan maksiat daripada orang miskin maka jika dia bisa menahan diri untuk tidak melakukan maksiat maka tentunya dia memiliki kesabaran yang lebih.

Jika dilihat tiga tingkatan kesabaran tersebut maka kesabaran itu tidak ada batasnya karena ujian akan hadir selama kita hidup, harus taat kepada Allah SWT selama kita hidup,kesempatan untuk perbuatan maksiat selalu ada selama kita hidup. Jadi kesimpulannya adalah kesabaran itu tidak ada batasnya selama kita hidup, batas kesabaran cuma kematian.

Bagi yang mau tag, share dan copas dipersilakan. Semua ini milik kita bersama dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin…

Salam santun wa ukhuwah fillah sahabatku semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar