بسم الله الرحمن الرحيم


AKU HANYALAH SEORANG ANAK KECIL YANG SEDANG BELAJAR MEMAHAMI ARTI SEBUAH KEHIDUPAN DAN BELAJAR MENERIMA SEMUA YANG TERLIHAT OLEH MATA

Rabu

Indahnya Saling Memaafkan

˚•╰♥╮•Indahnya Saling Memaafkan •╰♥╮•˚


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Sahabatku saudaraku fillah..dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai orang yang begitu mudah memaafkan kesalahan orang lain sehingga tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan. Dengan demikian hubungan persaudaraan atau persahabatan akrab kembali. Begitulah ciri pribadi yang terpuji. Namun di sisi lain tak jarang pula kita dapati orang yang begitu sulit untuk saling memaafkan walaupun kesalahan itu tak seberapa.





Seandainya kita didzalimi lalu membalas dengan yang setimpal memang tidak terlarang, namun jauh lebih indah bila kita memaafkan. Memang bersikap demikian tidaklah semudah kita membalikkan telapak tangan, segalanya perlu kebesaran hati dan lapang dada untuk menerima kenyataan dari pada menyimpan bara di hati. Sebenarnya kalau kita renungkan tak ada gunanya menyimpan kebencian. Rasa benci itu memabakar hati dan membuat kita tak nyaman. Untuk itu mari kita belajar sabar, ikhlas dan menjadi pribadi yang pemaaf itu akan lebih indah dan membuat nyaman di hati.





Saudaraku ...Ada tiga hal yang jika dimiliki dalam diri seseorang, maka ia akan mendapat pemeliharaan dari Allah, akan dipenuhi rahmat-Nya dan Allah akan memasukkannya ke dalam lingkungan hamba yang mendapat cinta-Nya, yakni:



♥ Orang yang selalu bersyukur ketika mendapatkan nikmat


♥ Orang yang mampu meluapkan amarahnya tapi mampu memberi maaf atas kesalahan orang


♥ Seseorang yang apabila sedang marah dia menghentikan marahnya.


( HR. Hakim ).


Pada suatu hari Rasulullah bertanya kepada para sahabat; “Maukah aku ceritakan kepadamu tentang sesuatu yang menyebabkan Allah memuliakan bangunan dan meninggikan derajatmu? Para sahabat menjawab, tentu ya Rasulullah:


"Kamu bersikap sabar kepada orang yang membencimu, memaafkan orang yang berbuat zhalim kepadamu, memberi kepada orang yang memusuhimu dan menghubungi orang yang telah memutuskan silaturrahim denganmu" ( HR. Thabrani ).


Subhanallah..andaikan kita bisa seperti ini mungkin tak ada pertumpahan darah karena dendam yang berkepanjangan. Semoga atas rahmat Allah kita memiliki sifat pemaaf agar tercipta hubungan antar sesama yang harmonis.

Sahabat saudaraku fillah ... silahkan di tag/share, semua untuk umat dan syiar Islam, Silahkan dibantu sahabat yang lain,, Jazakumullahu khairan wa barakallahu fiikum.

~SaLaM SantuN Erat SiLatuRahmi dan UkhuWaH FillaH~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar